Monday, February 13, 2017

Definisi dan Ruang Lingkup PIO

DEFINISI PIO

     Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa psikologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Sementara psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam setting kerja. PIO sendiri merupakan ilmu terapan sama halnya dengan psikologi klinis, psikologi militer, dan psikologi penerbang.

DEFINISI MENURUT PARA AHLI :
  1. Munsterberg (dalam Berry, 1998) : PIO adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam dunia kerja.
  2. Munandar (2001) : PIO adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam perannya sebagai tenaga kerja dan sebagai konsumen, baik secara perorangan maupun secara kelompok, dengan maksud agar temuannya dapat diterapkan dalam industri dan organisasi untuk kepentingan dan kemanfaatan bersama.
  3. Aamodt (2010) : PIO adalah cabang dari ilmu psikologi yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu psikologi di tempat kerja.
  4. Levy (2010) : PIO adalah aplikasi dari prinsip-prinsip ilmu psikologi dan teori tentang tempat kerja. Sikap dan perilaku pekerja, hubungan interpersonal di tempat kerja, struktur organisasi, proses dari motivasi dan kepemimpinan, tampilan kerja baik individu & organisasi, budaya dan iklim, dan kecocokan individu dan pekerjaannya.
Sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk bekerja. Semakin banyaknya orang yang 'gila kerja', semakin besar peran PIO agar kehidupan kerja, rumah, dan sosial seimbang.



RUANG LINGKUP PIO

Psikologi Industri ---> fokus pada kompetensi yang dibutuhkan
Psikologi Organisasi---> fokus pada struktur organisasi dan budaya

  1. Psikologi Personel
    • Analisi jabatan
    • Rekrutmen
    • Seleksi
    • Penempatan
    • Training
    • Performance Appraisal
  2. Psikologi Organisasi
    • Leadership

  3. Psikologi Kerekayasaan
    • Desain tempat kerja
    • Interaksi human-machine
    • Ergonomics
    • Kelelahan fisik dan stress
  4. Psikologi Konsumen
    • proses pengambilan keputusan dalam membeli barang
    • manusia di luar sistem kerja
    • change output --> income
    • banyak dibicarakan di psikologi sosial

















No comments :

Post a Comment